0
Menjaga Semangat Ramadhan di Kampung Tanama.
Keluarga Dakwah - Ibarat menjaga nyala api unggun di tengah tiupan angin malam yang kencang. Menjaga semangat Ramadhan adalah perkara yang tidak mudah. Karena begitu banyaknya celah kekurangan diri yang harus ditutup, agar hembusan angin nafsu tak memadamkan semangat Ramadhan. 

Adalah Kampung Tanama, begitu lah sebutannya. Sebuah kampung nelayan dengan kondisi religi masyarakat yang cukup awam, begitulah informasi yang didapat. Bahkan sering terdengar rumor bahwa watak mereka sangat keras, sehingga mereka tidak mau menerima kedatangan orang asing di tempat mereka. Maka dari itu, kunjungan kami kesana diantar oleh seorang yang memiliki hubungan baik dengan mereka, agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Sampai kemudian saya mempunyai jadwal berceramah disebuah masjid di sana. Masjid Jami' Tanama, yang merupakan satu-satunya masjid, dimana hampir seluruh warga desa melaksanakan shalat tarawih di masjid tersebut.

Masjid itu cukup ramai, karena memang tidak begitu luas dan jumlah jama'ah yang sangat banyak. Namun, dari awal datang sampai begitu selesai dakwah kami di sana, gambaran saya tentang mereka yang saya dapatkan sebelumnya sungguh berbeda.



Seusai mengisi dan shalat, mereka bahkan begitu senang dan mengajak kami berfoto. Bahkan tak terkecuali generasi mudanya. Satu hal yang dapat kami simpulkan, bahwasanya mereka itu merupakan masyarakat yang rindu akan kebaikan. Sehingga, perlu ada seseorang yang dapat membimbing mereka bersama menuju indahnya Islam yang Mulia.

Ustadz Bagus Mulya Rachmadana
(Dai Sahdan Madina di Fak fak Papua Barat)

================
Salurkan Donasi Anda untuk Program SAHDAN (Semarak Dakwah Ramadhan Nusantara) 1440 H
:
BSM 711 342 4499
a.n. Yayasan Keluarga Dakwah QQ INFAQ
*Agar sesuai peruntukkan, mohon konfirmasi ke
Faith 0821 2477 7737
Panitia Bersama
Majelis Dakwah Islam Indonesia
Jalinan Keluarga Dakwah

Posting Komentar

 
Top