0
Keluarga Dakwah - Menurut keterangan ulama bahwa anak itu terlahir dalam keadaan suci .bagaimana kehendak orang tuanyalah apa yang diinginkan terhadap anak nya . Baik dan buruk nya ada pada keputusan orang tua oleh karena itu pendidikan islam terhadap anak begitu penting.

Ada 3 hal yang tidak perlu ditunggu dalam mendidik anak diantaranya:

1. Jangan menunggu bahagia baru mengajarkan kebaikan kepada anak.

baik suka dan duka yang sedang dijalani oleh orang tua harus tetap mengajarkan hal-hal yang baik terhadap  buah hati.

bukan jawaban yang tepat dengan menggunakan kata sibuk dengan dalih pekerjaan untuk perbaiki ekonomi keluarga, hingga lupa mengajarkan al-quran dan tata cara sholat terhadap anak.

Bahagia yang tidak mengenal kondisi itu:

-saat kaya tidak sombong.

kita tanamkan pada diri anak agar tidak sombong ,memiki sifat rendah hati dan tetap sederhana

-saat ekonomi sulit.

tidak membuat sang buah hati minder dengan keadaan yang sedang dialami .tetap mendidik nya agar selalu optimis ,selalu percaya diri ,selalu semangat dan pandai bersyukur.

2. Jangan menunggu kaya baru baru mengajarkan sang buah hati bersedekah.

bersedekahlah sepanjang hari walau 500/lima ratus rupiah .minimal seminggu satu kali pada hari jumat yang kerapkali disebut dengan sayyidul ayyam.

hal kecil inilah yang insyaallah akan membangun mental kayanya kelak disuatu hari nanti.

3. Jangan menunggu perubahan baik pada anak baru merubah diri namun sebaliknya.

rubahlah sikap negative pada diri kita sebagai orang tua sebelum menanamkan hal positive pada anak. hal demikian akan menumbuhkan sikap inisiatif pada anak.

kuncinya ada dalam kebersamaan untuk membangun kedisplinan pada rumah tangga.

contoh kecilnya mengenai buang sampah.

selain memberitahukan dan memerintahkan terhadap anak agar tidak buah sampah sembarangan ,terlebih dahulu orang tua mencontohkan tidak buang sampah sembarangan

pada akhir nya insyaallah bila kebiasaan baik ini terjaga anakpun tanpa diperintahkanpun anak akan menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

semoga saja dengan apa yang telah diuraikan di atas mengandung hal positive dan mengundang banyak kebaikan bagi orang tua yang tengah mendidik putra-putrinya.

dengan kebaikan yang orang tua ajarkan kemudian sama-sama mengamalkan maka doa yang dipanjatkan sepanjang hari agar dapat memiliki keturunan yang sholeh bukan jadi keniscayaan lagi .insyaAllah pasti bisa.

luruskan niat dan sempurnakan ikhtiar .berdoa saja tanpa amal itu yang dinamakan berkhayal tapi ikhtiar saja tanpa doa hal demikian di sebut sombong  karena tidak melibatkan Allah Ta’ala .ikhtiar saja tanpa doa bagaimana pertolongan dan rahmat Allah Ta’ala akan datang. (anak Shaleh - Keluarga Dakwah)

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top